Berita Kerjasama

HUMAS UMPAR

25-11-2021 HUMAS UMPAR

INDONESIA-FILIPINA, DOSEN UMPAR IKUT PERTUKARAN DOSEN

Menindak lanjuti kerjasama yang dilakukan antara Kantor Urusan Internasional (KUI) UMPAR dan Nueva Ecija University of Sains and Technology (NEUST) Filipina. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare (FKIP UMPAR) mengirim 6 orang dosennya untuk membawakan kuliah dalam bentuk virtual sit in.

Sehingga bisa dikatakan beberapa Dosen FKIP UMPAR mengajar di Filipina di pagi hari kemudian mengajar lagi di Indonesia saat siang secara daring. Dalam arti dalam sehari mengajar di 2 negara.

Ketua KUI UMPAR, Syawal, S. Pd., M. Pd. menyatakan bahwa kampus kita harus bisa bergerak membuka jejaring.

“Kampus kita harus bisa bergerak membuka jejaring.” Pungkas Syawal.

Menurutnya proses kerjasama ini bukan yang pertama tetapi merupakan tindak lanjut dari beberapa kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya.

“Proses kerjasama ini bukan yang pertama tetapi merupakan tindak lanjut dari beberapa kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya.”, sambung Syawal.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP UMPAR, Dr. Khadijah Maming, M.Pd merunut persiapan kegiatan ini sudah melalui beberapa kali pertemuan dengan pihak NEUST Filipina. Hasil pertemuan tersebut menyepakati untuk dilakukan pertukaran dosen dalam rangka mengajar pada kampus masing-masing.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 22 November hingga 6 Desember 2021. Dosen FKIP UMPAR yang mengajar adalah:

  1. Dr. Siti Hajar Larekeng, S.S., S.Pd., M.Hum.
  2. Dr. Hj. Salasiah, M.Ed. TESOL., int
  3. Dr. Khadijah Maming, M.Pd
  4. Ali Wira Rahman, S.Pd., M.Pd
  5. Syawal S.Pd., M.Pd
  6. Sianna, S.Pd., M.Pd

Ditemui ditempat yang terpisah, Dekan FKIP UMPAR Patahuddin, S.Pd., M.Pd mendukung penuh kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa FKIP sudah memulai program go internasional sejak beberapa tahun terakhir. "Sebelumnya kami sudah mengirim mahasiswa untuk magang dan KKN di beberapa negara seperti thailand, Malaysia dan Filipina, Kali ini kita akan melanjutkan dengan  dosen agar mereka mampu mencicipi atmosfer pembelajaran diluar negeri kemudian mampu mengambil hal-hal yang positif".

Seperti diketahui sebelumnya bahwa kegiatan ini sudah dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 UMPAR, Asram A.T Jadda, S. H. I., M.Hum. pada tanggal 19 November 2021 yang lalu.