Berita Prestasi

HUMAS UMPAR

19-08-2020 HUMAS UMPAR

KLASTERISASI PTMA, UMPAR URUTAN PERTAMA DI SULAWESI

Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), kembali membuktikan diri sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) yang bisa dikatakan tidak lagi dipandang sama 20 tahun silam.

Di usianya sekarang yang ke-21 tahun, UMPAR berada di posisi urutan pertama PTMA se-Sulawesi setelah disaring dari data klasterisasi klasterisasi Perguruan Tinggi yang diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DITJEN DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMDIKBUD RI).

Berdasarkan paparan dari media on line kontan.co.id dengan judul Kemendikbud umumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi 2020, ini 15 kampus teratas, “Dari jumlah 2.136 PT, Kemendikbud membaginya dalam lima klaster yang menggambarkan kualitas PT dari berbagai indikator yang ditentukan, yakni klaster 1 sebanyak 15 PT, klaster 2 ada 34 PT, klaster 3 mencakup 97 PT, klaster 4 terdapat 400 PT, dan klaster 5 berjumlah 1.590 PT.”

Klasterisasi Perguruan Tinggi yang diumumkan oleh DIRJEN DIKTI KEMDIKBUD RI menempatkan UMPAR pada Posisi 151 secara keseluruhan Perguruan Tinggi, yakni dari 2.136 PT di Indonesia, yang kemudian berada di Posisi ke-5 di Klaster 4.

Dilansir dari JawaPos.com, dalam penilaian ada sejumlah komponen yang dijadikan landasan. Diantaranya, mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Rektor UMPAR, Drs. H. M. Nasir S, M. Pd., menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Parepare sejak berdirinya tahun 1999, tentu terus mempersiapkan sarana pendidikan yang cukup dengan kualitas yang baik. Untuk membuat sarana pendidikan yang cukup dan berkualitas dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait dengan kerjsama yang baik tentunya.

“Dengan pencapaian UMPAR sekarang ini saya selaku Rektor mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada para dosen, karyawan, mahasiswa, panitia, dan semua stakeholder, yang telah bekerja sama dengan UMPAR. Khususnya, kepada para dosen dan karyawan, meski di tengah pandemi saya mengajak, untuk terus bekerja keras, bekerja dengan ikhlas dan penuh kejujuran, dengan hati yang senang dan gembira, demi menuju cita-cita, meraih kejayaan UMPAR” sambung beliau.