Berita Prestasi

HUMAS UMPAR

08-12-2020 HUMAS UMPAR

MASUK PEMERINGKATAN UI GREENMETRIC, UMPAR MENDUNIA

Menjadi Urutan Ke-4 dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di seluruh dunia adalah kebanggan tersendiri bagi Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) pada ajang Pemeringkatan Dunia UI Greenmetric.

Secara Nasional terdapat 6 PTM, 88 Perguruan Tinggi di Indonesia yang diundang dalam ajang Pemeringkatan ini, serta untuk skala DUNIA atau internasional terdapat 912 Perguruan Tinggi yang diundang dan salah satunya adalah UMPAR.

Dari pemeringkatan tersebut bisa dikatakan UMPAR urutan ke-4 untuk PTM Se-INDONESIA, urutan ke-67 untuk Perguruan Tinggi se-Indonesia dan urutan 817 seluruh Dunia.

Untuk pertama kalinya UMPAR mengikuti ajang ini, yakni di akhir tahun 2020, merupakan suatu akhir tahun yang cukup memberikan berita yang sangat menggembirakan.

Pengumuman ajang ini berlangung sehari yang lalu (08/12) dan diikuti secara daring oleh Para Pimpinan Perguruan Tinggi seluruh dunia yang masuk dalam pemeringkatan, termasuk UMPAR yang diikuti langsung dari Rektorat.

Pimpinan UMPAR menyatakan bahwa sangat bergembira mendengar kabar baik ini sejak diundangnya UMPAR untuk ikut dalam ajang ini hingga pada hari pengumuman. Sebab untuk masuk saja pada ajang ini tentu ada penilaian tersendiri dari pihak UI GreenMetric World University Rangkings. Sehingga urutan yang diperoleh dari UMPAR pada ajang cukup menggembirakan untuk PTM dalam pemeringkatan ini UMPAR menjadi urutan ke-4.

“Kami sangat bergembira mendengar kabar baik ini sejak diundangnya UMPAR untuk ikut dalam ajang ini hingga pada hari pengumuman. Sebab untuk masuk saja pada ajang ini tentu ada penilaian tersendiri dari pihak UI GreenMetric World University Rangkings. Sehingga urutan yang diperoleh dari UMPAR pada ajang cukup menggembirakan untuk PTM dalam pemeringkatan ini UMPAR menjadi urutan ke-4”, tegas Dr. H. M. Nasir S, M. Pd, selaku Rektor UMPAR.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dari sekian banyak PTM dari Amal Usaha Muhammadiyah hanya terdapat 6 yang diundang, dari ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia hanya 88 perguruan tinggi yang diundang, dalam hal ini untuk mengikuti Pemeringkatan Kelas Dunia ini, dan salah satunya adalah UMPAR.

“Dari sekian banyak PTM dari Amal Usaha Muhammadiyah hanya terdapat 6 yang diundang, dari ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia hanya 88 perguruan tinggi yang diundang, dalam hal ini untuk mengikuti Pemeringkatan Kelas Dunia ini, dan salah satunya adalah UMPAR.” Sambung Beliau.

Ini tak lepas dari perjuangan dan pengabdian seluruh Civitas Akademika yang senantiasa berusaha dan berjuang bersama-sama dalam upaya meningkatkan kualitas UMPAR yang dari tahun ke tahun semakin memperlihatkan perkembangan yang cukup cepat.

Bisa dikatakan dalam menyongsong perubahan global yang tidak menentu apalagi di era Pandemi sekarang, setiap perguruan tinggi harus melalukan akselerasi untuk menjawab setiap tantangan dan sebisa mungkin mampu memprediksi seperti apa di masa depan nanti atau kita kenal dengan istilah Visioner.

“Ini tak lepas dari perjuangan dan pengabdian seluruh Civitas Akademika yang senantiasa berusaha dan berjuang bersama-sama dalam upaya meningkatkan kualitas UMPAR yang dari tahun ke tahun semakin memperlihatkan perkembangan yang cukup cepat”, Lanjut Beliau yang menjabat sebagai Wakil Rektor 2 pada periode sebelumnya.

Sehingga Terima Kasih yang sedalamnya beliau ungkapkan dalam momen ini kepada seluruh yang terlibat hingga UMPAR mampu mendunia melalui ajang ini.

“Terima Kasih kepada seluruh yang terlibat sehingga UMPAR bisa sampai pada pencapaian hari ini.” tutup beliau.

Diketahui sebelumnya UMPAR juga menempati urutan yang bisa dikatakan patut dibanggakan Pada klasterisasi Perguruan Tinggi KEMDIKBUD RI Tahun 2020.

Sekilas tentang Peringkat Dunia UI GreenMetric

Peringkat Universitas Dunia UI GreenMetric adalah acara publikasi tahunan peringkat universitas di dunia yang dilaksanakan oleh UI GreenMetric. UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia. UI GreenMetric menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Secara umum, UI GreenMetric memakai konsep lingkungan yang berkelanjutan yang mempunyai 3 komponen yakni lingkungan, ekonomi dan sosial. Aspek lingkungan meliputi penggunaan SDA, menejemen lingkungan dan pengendalian polusi dimana aspek ekonominya meliputi keuntungan dan efisiensi. Sedangkan aspek sosialnya meliputi pendidikan, masyarakat dan keterlibatan sosial. Tiga aspek tersebut digunakan sebagai kriteria UI GreenMetric.

Tema UI GreenMetric tahun ini adalah “Universities’ Responsibility for Sustainable Development Goals and World’s Complex Challenges”. Yang mana menitikberatkan kepada usaha universitas bersama mitra berkaitan dengan isu keberlanjutan. Selain itu juga akan melihat lebih jauh kemitraan universitas untuk memperbaiki keberlanjutan kampus.