Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

07-07-2021 HUMAS UMPAR

ABDIMAS UMPAR, TINGKATKAN KUALITAS DAN PENDAPATAN GAPOKTAN MARENGKALINGA DI MASA PANDEMI COVID 19

Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Marengkalinga yang terbentuk pada 27 November 2007 dengan surat izin usaha nomor 2088-13/SIUP-PO/VII/2009,  sangat beryukur dengan adanya pembinaan dan pendampingan dari pihak Pendidikan Tinggi dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Parepare (UM Parepare) untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesejahteraan masyarakat petani. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh GAPOKTAN Marengkalingan tidak mungkin hanya dapat diselesaikan sendiri sehingga diharapkan bantuan dari pihak lain sebagai mana yang disampaikan oleh  Bapak Ridwan mantan kepala desa Patampanua, lebih lanjut beliau mengemukakan bahwa sumber daya alam di desa Patampanuan begitu banyak dan belum dikelolah secara maksimal dan sangat diharapkan terbentuknya Home Industri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Patampanua, kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng.

Masalah utama yang dihadapi GAPOKTAN Marengkalinga pada tahap pascapanen khususnya pada pascapanen beras merah yang menimbulkan kerugian yang cukup besar selama pandemi covic 19 adalah serangan kutu beras (Sitophilus oryzae) dan sistem pemasaran sebagaimana yang dituturkan Tamlihan sebagai ketua GAPOKTAN Marengkali, lebih lanjut, Gapoktan Marengkalinga sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya bantuan mesin, penyuluhan dan bimbingan implementasi teknologi vacuum packaging dan digital marketing yang dilaksakanakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarat (Abdimas) dari UM Parepare yang dilaksanakan pada 28 dan 30 Juni 2021 di desa Patampanua kabupaten Soppeng yang juga mengikuti protokol pengendalian penyebaran virus covid 19.

Peserta penyuluhan yang terdiri dari pengurus GAPOKTAN Marengkalinga (Marsuki, Sukarno, Askar, Sapruddin, Saenong, H. Made Ali, Rusman, Onggeng, dan Sudarmin), tokoh masyarakat, mahasiswa dan masyarakat akademik (Dosen STIKES) dari kab. Soppeng, sangat antusias dan memberikan respon yang positif mengenai materi yang disampaikan oleh para pemateri. Salah satu masukan yang diberikan oleh pengurus GAPOKTAN (Sudarmin) bahwa untuk materi digital marketing sebaiknya diberikan juga kepada ibu-ibu tani dan pemuda tani agar dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan keluarga.

Dr. Muh Akhsan Akib, M.P yang juga koordinator kegiatan, memaparkan bahwa kegiatan Abdimas ini terlaksana melalui pendanaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2021 dan merupakan kolaborasi antar Pendidikan Tinggi dan Fakultas yang melibatkan beberapa dosen (Nurul Ilmi, S.P, M.Si dari FAPETRIK UM Parepare, Mustakim S.T, M.T dari Fakultas Teknik UM Parepare, dan Syatrawati, S.P, M.Si dari Politani Pangkep) dan beberapa Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (FAPETRIK) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan sangat diharapkan kegiatan ini dapat menyelesaikan satu atau dua masalah utama yang dihadapi oleh GAPOKTAN Marengkalinga sebagai mitra Abdimas dalam meningkatkan kualitas produksi dan pendapatan masyarakat tani.