Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

09-08-2021 HUMAS UMPAR

FAPETRIK UMPAR LAKUKAN PELATIHAN MANAJEMEN AGRIBISNIS PRODUKSI BAGI DOSEN

Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (Fapetrik) Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) dalam mensukseskan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) meganggap penting peningkatan sumber daya manusia yang mampu meberi solusi terhadap tantangan industri 4.0. Mengingat bahwa tugas-tugas perguruan tinggi tidak akan pernah selesai, diantaranya adalah mampu memberi solusi terhadap permasalahan dunia usaha dan dunia industri seiring dengan perkembangan industri Usaha Kecil Menengah (UKM).

Oleh karenya, Fapetrik UMPAR mewujudkan peningkatan SDM dengan memberikan pelatihan kepada dosen lingkup Fapetrik UM Parepare sebagai calon pendamping bagi UKM melalui Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Manajemen Agribisnis (MAB) Produksi. Pelatihan MAB Produksi ini akan memberi wawasan dan keahlian SDM membatu mitra UKM dalam menetapkan rencana bisnis hingga memonitor dan mengevaluasi kinerja bisnis yang dilakukan mitra UKM.

Mendukung hal tersebut, Fapetrik menugaskan 11 orang dosen Fapetrik UMPAR mengikuti pelatihan MAB Produksi yang dilakukan secara daring. Pelatihan daring dilakukan seiring dengan adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Pelatihan daring tersebut dilakukan selama 3 hari, mulai Tanggal 4 s.d 6 Agusuts 2021. Hal tersebut dilakukan dengan bekerjasama antara Fapetrik UM Parepare, LSP Agribisnis Ambissi, dan P4S Okiagaru-Ikamaja.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ibu Dr. Nurhapsa, SP., M.Si. (Dekan Fapetrik) dengan Bpk. Ir. Iman Tjiptadi Pudoutomo, MM. (Ketua LSP Agribisnis Ambissi). LSP Agribisnis Ambissi adalah lembaga yang telah lama melakukan terkait sertifikasi SDM, sedangkan P4S Okiagaru-Ikamaja merupakan lembaga swadaya yang telah lama mendalami budidaya pertanian organik hingga ke pemasaran. P4S ini mengembangan budidaya yang dilakukan hingga menjadi pemasok sayuran organik ke swalayan dan restauran Jepang di Bogor, Jawa Barat, dan Jakarta.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdisi atas dosen Peternakan, Budidaya Perairan, Agroteknologi, dan Agribisnis. Semua peserta sangat antusias mengikuti pelatiha  daring tersebut, melihat bahwa umumnya peserta mendapatkan permasalahan yang sering terjadi adalah kemampuan UKM dalam mempertahankan dan mengembangan bisnis yang mereka jalani.

Kegiatan pelatihan MAB Produksi ini akan dilanjutkan dengan sertifikasi bagi peserta yang telah mengikuti melalui Sertifikasi Kompetensi Skema MAB Produksi yang juga akan dlakukan secara daring. Sertifikasi kompetensi tetap akan dilakukan oleh LSP Agribisnis Ambissi.

Harapan dari kegiatan ini tentu saja adalah menghasilkan dosen yang bertanggung jawab dalam memberikan pendampingan bagi UKM dalam upaya merencanakan pengembangan bisnis ke depannya, mengelola keuangan dan modal usaha, mengelola sistem mutu, menganalisis resiko kerja, dan mengevaluasi kinerja usaha.

 

 

Korespondesi: Suherman (FAPETRIK UMPAR)