Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

27-11-2021 HUMAS UMPAR

UMPAR SULAP LIMBAH KORAN BEKAS

Universitas Muhammadiyah Parepare melalui Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan melaksanakan Program Pemberdayaan kepada kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) melalui pelatihan pengolahan limbah koran bekas menjadi produk bernilai ekonomis tinggi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan, dan jiwa entrepreneurship pada kader IMM selain itu, jugu sebgai bentuk upaya untuk mengurangi limbah perkotaan. Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah melalui Program RisetMu Tahun 2021.

Ketua Tim Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat, Harsani Haruna, menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama RisetMU dan juga Kader IMM Kota Parepare. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih enam bulan. Kami berharap melalui  kegiatan ini dapat menjadi salah satu pemecahan masalah persoalan limbah perkotaan dan juga sebagai salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan kader IMM. Lebih lanjut  dia menjelaskan kegiatan ini tidak hanya pada pelatihan pengolahan limbah koran menjadi bingkai foto saja, akan tetapi juga ada pelatihan kewirausahaan berbasis digital. Hal ini bertujuan juga untuk membekali peserta dalam aspek pemasaran produk.

Di tempat yang sama Yusriadi selaku anggota Tim menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu momentum dalam membangkitkan semangat berwirausaha pada mahasisswa khusunya pada kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Selepas kegiatan pelatihan ini kami juga akan melakukan monitoring dan pendampingan kepada mahasiswa yang terlibat pada kegiatan ini’’ Tegasnya.

Al Munawar ketua IMM Komisariat FAPETRIK selaku Mitra pada kegiatan ini sangat senang dengan adanya program ini, sebab iya mendapatkan pengetahuan baru tentang pengolahan limbah koran dan juga pengetahuan manajemen pemasaran produk. “Saya tentunya sangat senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan ini, saya menjadi banyak belajar tentang bagaimana cara mengolah koran bekas menjadi produk yang bernilai tinggi dan juga belajar tentang manajemen pemasaran produk. Terima Kasih Tim RisetMu UMPAR” tegasnya.