Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

21-05-2021 HUMAS UMPAR

UPACARA PELEPASAN JENAZAH BRIPDA IMAM SAPUTRA BELMAN DILAKUKAN DI DEPAN REKTORAT UMPAR

HUMASUMPAR--Bripda Imam Saputra Belman, Bhabinkamtibmas Polsek Mambi Polres Mamasa Polda Sulbar, yang gugur dalam bertugas melakukan proses pencarian bocah 5 tahun yang hanyut di sungai Mambi, sejak 18 Mei 2021 lalu diupacarakan di UMPAR, dimulai sejak pukul 10.00 WITA, Jum’at 21 Mei 2021.

Upacara pelepasan jenazah berlangsung khidmat. Inspektur upacara Kapolsek Soreang Parepare AKP Murwanto membuka acara dengan meminta kepada peserta upacara memanjatkan doa bersama. Inspektur upacara yang merupakan perwakilan dari Polres Kota Parepare juga meminta keluarga almarhum bisa menerima musibah ini dengan tawakal dan ikhlas. Setelah upacara pelepasan ini, jenazah langsung di bawah untuk dishalatkan di Masjid Darul Ilmi UMPAR usai shalat Jum’at dan setelah itu akan dibawa oleh mobil jenazah ke Taman Makam Pahlawan Parepare.  

Upacara pelepasan berlangsung sebelum shalat Jumat. Para tokoh yang hadir memberi sambutan jenazah pelepasan. Mereka hadir dan memberikan belasungkawa atas sosok yang cerdas, ramah, suka membantu dan humoris. "Bripda Imam Saputra Belman ini adalah mahasiswa kami, mahasiswa UMPAR pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Angkatan 2011, selama ini beliau dikenal sebagai sosok yang cerdas, ramah, suka membantu dan humoris”. Tutur Wakil Rektor II UMPAR, Arham, S.E., M.Ak yang juga pernah sebagai Dekan Fakultas FEB UMPAR serta dikenal dekat dan sebagai kerabat almarhum.

Berdasarakan informasi di Media Sosial yang memberitakan hal itu, dan Media Center UMPAR mendapatkan informasi dari Group WhatsApp IKA Alumni FEB UMPAR yang dishare oleh Rian Anugrah Pratama menuliskan kronologi seperti berikut,

Selamat siang komandan.

Mohon ijin komandan melaporkan pada hari Kamis tanggal 20 Mei 2021 sekitar pukul 10.10 wita ditemuka Anggota Polri terbawa arus antara Lain :

  1. BRIPTU IMAM SAPUTRA PERSONIL POLSEK MAMBI POLDA SULBAR keterangan Meninggal Dunia.
  2. BRIPKA HENDRA HARDIMAN PERSONIL POLSEK MAMBI keterangan Selamat dalam keadaan Lemas.

ditemukan hanyut pada pukul 10.10 wita dalam keadaan Meninggal Dunia (MD). diperkirakan teggelam pukul 11.30 wita, kemudian di evakuasi kepuskesmas Kec. Mambi pukul 11.10 Wita.

Kronologis Kejadian :

Pukul 08.00 wita menaiki perahu karet Polres Mamasa sebanyak 3 orang, kemudian melaksanakan Pencarian sejauh 4 Kl, kemudian ada masyarakat LK. Irawan menyampaikan kepada aggota tersebut agar berhenti sampai disini dikarenakan ada tebing atau air terjung di sungai, tetapi anggota sebanyak 2 personil tetap melaju kesana tanpa memghiraukan LK. Irawan, kemudian tiba2 pukul 10.10 wita ditemukan mengambang dan diangkat ketepi, dan anggota Puskesmas Mambi melaksanakan pertolongan Pertama namun anggota Puskesmas Mambi menyampaikan pada pukul 10.10 Bahwa tersebut An. BRIPTU IMAM SAPUTRA dinyatakan Meninggal Dunia (MD) dan diperkirakan tenggelam sekitar 1 Jam yang lalu atau pukul 11.30 wita.

Sekitar pukul 10.30 wita ditemukan juga BRIPKA HENDRA HARDIMAN PERSONIL POLSEK MAMBI oleh masyarakat dikarenakan Personil tersebut teriak Minta Tolong dalam kondisi Lemas, kemudian Masyarakat mengevakuasi anggota ke Salah Satu rumah Masyarakat di Ds. Pamosseang Kec. Mambi Kab. Mamasa.

Dum.