Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

10-02-2021 HUMAS UMPAR

WUJUDKAN MBKM, DOSEN FAPETRIK UMPAR PEGANG SERTIFIKAT KOMPETENSI FASILITATOR

Sebagai fakultas yang terus maju dan berkembang serta terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan tuntutan zaman. Maka Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare (Fapetrik UM Parepare) mendorong SDM-nya agar terampil dan cakap. Salah satunya adalah melakukan upaya agar dosen-dosen yang ada bersertifikasi berdasarkan kompetensi di bidang pertanian.

Sebelumnya, 13 Oktober 2020 telah dilakukan uji kompetensi bagi 14 dosen di empat program studi Fapetrik UM Parepare (Peternakan, Budidaya Perairan, Agroteknologi, Agribisnis). Adapun Pelaksana Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) merupakan program skema pendanaan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP PI) melalui TUK Peternakan Politani Pangkep. Dari keseluruhan dosen peserta uji kompetensi tersebut, semuanya dinyatakan “Berkualifikasi/Kompeten” sebagai Penyuluh Pertanian Level Fasilitator dan telah memperoleh sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh LSP PI yang berlisensi BNSP.

Seiring dengan tujuan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dimana proses pembelajaran menuntut peningkatan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Peran dosen sebagai tenaga profesional perlu memiliki sertifikasi kompetensi yang diakui oleh lembaga profesi ataupun industri. Tentunya dosen sebagai pembimbing langsung akan menghasilkan mutu mahasiswa yang juga berkompeten sesuai dengan keilmuannya.

Sebagaimana pernyataan Dr. Nurhapsa, M.Si. selaku Dekan Fapetrik UM Parepare, bahwa “Kompetensi Dosen adalah salah satu dari 8 Indikator Kinerja Utama yang wajib dipenuhi oleh program studi, sesuai dengan Kepmendikbud Nomor 754/P/2020”. Indikator ini membagi jumlah dosen yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi selain berkualilikasi S3. Oleh karena itu, penting bagi dosen memiliki sertifikasi kompetensi profesi untuk menunjang mutu lulusan.

Kompetensi dapat diperoleh berdasarkan keahlian seorang dosen tidak hanya berdasarkan keilmuannya, contonya adalah kompetensi sebagai penulis non fiksi atau kompetensi lainnya. “Fapetrik UM Parepare akan terus mendorong dan mengupayakan dosen internal untuk dapat mempertahankan dan meingkatkan kompetensinya berdasarkan keahlian yang mereka miliki” papar Suherman (Plt. Wakil Dekan II Fapetrik).

Korespondensi: Suherman (Dosen Fapetrik UM Parepare)